Menyimpan File Photoshop Menjadi Format Gambar

Salam Jempol,
Masalah dasar dalam menyimpan sebuah file merupakan hal yang memang sepele, namun hal ini harus benar-benar diperhatikan. Karena jika kita tidak memahaminya hal sepele ini bisa jadi masalah besar.


Kejadian yang pernah saya temui yaitu ketika seseorang yang telah mengedit dengan aplikasi photoshop, karena pengeditan telah selesai sudah pasti sebuah file photoshop harus dalam format *jpeg. atau format gambar lain seperti *png. Tapi karena hal sepele tentang teknik penyimpanan dan convert file kurang memahami jadilah tersimpan dengan format *psd (*psd merupakan format standar penyimpanan dari photoshop) jadi ketika akan dilihat di komputer yang tidak terinstall photoshop tidak akan bisa dibuka, bahkan untuk komputer yang terinstall photoshop juga tidak praktis karena tidak efisien. Ketika membuka file tersebut harus menunggu loading aplikasi photoshop.

Berikut ini cara melakukan penyimpanannya :

Langkah 1
Pilih menu “File – Save as” atau dengan menekan tombol shortcut “Shift + Ctrl + S”


Langkah 2
Klik pada kolom format maka akan keluar pilihan seperti gambar dibawah, kemudian kita pilih *JPEG atau *PNG.


Perlu diperhatikan :
Untuk file dengan tipe jpeg tidak mengenal background transparan, jadi ketika kita menyimpan file dengan background transparan namun kita simpan dengan tipe jpeg, maka background transparan tersebut akan berubah menjadi warna putih, jadi ketika kita akan menyimpan file dengan kebutuhan background transparan dan mengikuti bentuk gambar maka usahakan meyimpan dengan tipe file *PNG. Dengan begitu file akan menyimpan dengan mengikuti bentuk dari objek dan bagian background tidak akan terlihat.


Cukup sekian artikel tentan menyimpan file photoshop menjadi format gambar standar, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
15 September 2016 at 20:49 ×

:-bd

Congrats bro dedy kurniawan you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Terima kasih telah Berkomentar